Nama Sekolah :
MDA AL- ABROR
Mata Pelajaran :FIKIH
IBADAH
Kelas/Semester :I/II
Standar Kompetensi :mempelajari
shalat fardhu dengan berjama’ah dengan benar
Kompetensi dasar :Mengetahui
Tata Cara Shalat Berjama’ah dan Memahami
Keutamaannya.
Keutamaannya.
Indikator :Menyebutkan
Syarat Shalat berjama’ah
Menjelaskan Cara Mengingatkan Imam shalat Yang Salah
Menjelaskan Cara Menjadi Makmum Masbuq
Senang Melaksanakan Shalat Berjama’ah
Menjelaskan Cara Mengingatkan Imam shalat Yang Salah
Menjelaskan Cara Menjadi Makmum Masbuq
Senang Melaksanakan Shalat Berjama’ah
Alokasi Waktu :
2x40 Menit
I.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat mengetahui syarat shalat berjama’ah
·
Siswa dapat mengetahui cara mengingatkan imam shalat yang
salah
·
Siswa dapat mengetahui cara menjadi makmum masbuq
·
Siswa senang melaksanakan shalat berjama’ah
II.
Materi Pembelajaran
·
Shalat Berjama’ah
III.
Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya Jawab
·
Demonstrasi
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal (Apersepsi)
a)
Apersepsi :
Mengingat kembali materi yang sudah diajarkan.
b)
Motivasi :
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat mempraktekkan shalat berjama’ah dengan
dan benar.
diharapkan dapat mempraktekkan shalat berjama’ah dengan
dan benar.
c)
Masalah :
Memahami shalat berjama’ah.
2.
Kegiatan Inti
a)
Eksplorasi :
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh
guru.
guru.
Mendiskusikan tata cara shalat berjama’ah.
b) Elaborasi : Siswa memberikan tanggapan tentang
shalat berjama’ah.
Menyimpulkan pengertian shalat berjama’ah dan makmum
masbuq.
Menyimpulkan pengertian shalat berjama’ah dan makmum
masbuq.
Memahami batas menjadi makmum masbuq.
c) Konfirmasi : Mengerjakan soal-soal dari materi
shalat berjama’ah.
3. Kegiatan penutup
a) Peserta didik membuat
rangkuman dari materi shalat berjama’ah.
b) Refleksi : Coba sebutkan apa yang dimaksud
dengan shalat berjama’ah?
Coba sebutkan apa yang dimaksud dengan makmum masbuq?
Coba sebutkan apa yang dimaksud dengan makmum masbuq?
c) Peserta didik diberikan pekerjaan
rumah (pr) berkaitan denganshalat berjama’ah
V.
Sumber belajar.
Buku paket : Yaitu buku
Fikih ibadah kelas 1.
Buku referensi lain.
VI.
Penilaian.
Indikator Pencapaian
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
instrumen
|
||||||||
Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat berjama’ah
dan makmum masbuq.
Siswa dapat menjelaskan cara mengingatkan imam
shalat yang salah.
Siswa dapat menggambarkan posisi imam dan makmum
|
individu
|
Tes tulisan
|
1.
Coba tuliskan pengertian shalat berjama’ah?
2.
Coba tuliskan pengertian makmum masbuq?
3.
Apabila kita menjumpai imamnya salah dalam shalat, apa yang
hendak kita baca untuk mengingatkan imam ?
4.
Coba gambarkan posisi imam dan makmum apabila yang mau
shalat terdiri dari 2 orang dan 5 orang!
|
||||||||
Kunci Jawaban
|
1.
Shalat berjama’ah adalah shalat yang dikerjakan secara
bersama-sama lebih dari satu orang.
2.
Makmum masbuq adalah makmum yang terlambat datang dalam
shalat berjama’ah sebelum imam mengucapkan salam.
3.
Apabila kita menjumpai imam yang salah, maka hendak kita
tegor dengan ucapan Subhanallah.
4.
Apabila yang mau shalat 2 orang
Apabila yang mau shalat 5
orang
|
VII.
Pedoman Penskoran
Skor/Nilai 1. Skor :
2
2. Skor :2
3. Skor
:2
4. Skor :4
Mengetahui Padangsidimpuan,
12 juli 2012
Kepala MDA AL- ABROR Guru
Bidang Study
SAIDAH LUBIS LUHUT
DAULAY
NAMA :
KELAS :
1.
Coba tuliskan pengertian shalat berjama’ah?
2.
Coba tuliskan pengertian makmum masbuq?
3.
Apabila kita menjumpai imamnya salah dalam shalat, apa yang
hendak kita baca untuk mengingatkan imam ?
4.
Coba gambarkan posisi imam dan makmum apabila yang mau shalat
terdiri dari 2 orang dan 5 orang!
0 komentar:
Posting Komentar